Kamis, 27 Desember 2007

Liburan = Giliran Plaza Cibubur

Setelah seharian kemarin ke BTM, giliran Plaza Cibubur. Kebetulan karyawan yang satu sedang OFF tinggal karyawan yang masih baru.

Toko Plaza Cibubur dengan kondisi bangunan semi permanent memang tidak "Seindah" kios permanent. Tapi rupanya Toko Plaza Cibubur nyadar diri, dalam urusan omzet masih menduduki tangga pertama he he he.

Sempat saya ngerasa dan karyawan saya juga bilang, karena lama tidak saya tungguin terutama kalau Sabtu/ Minggu Toko Plaza Cibubur agak "ngambek" dalam urusan omzet belakangan ini.

Sampai disana yang pertama saya lihat display. Display jilbab "amburadul" dalam artian dalam satu gantungan tidak satu model dan satu brand. Supaya kelihatan rapi jilbab yg digantung menempel di dinding seharusnya diseragamkan ukuran S (pendek). Gantungan yang kosong ada yang tidak diisi kembali dan masih banyak hal2 lain.

Sebetulnya hal tersebut sudah saya ajarkan, tetapi dengan 3 karyawan yang semuanya masih baru (2 utk Cibubur dan Bogor, 1 utk Cikarang) Si Senior kelihatannya tidak sempat mengcascade down skillnya.

Dimulai membongkar isi lemari kaca, merapikan lipatan jilbab (urusan melipat jilbab ini supaya rapih enggak mudah juga loh!) Si D ini belum bisa rupanya! Belum lagi asyik2nya bebenah, ada customer yang harus kita layani dengan baik, pekerjaan jadi terhenti karena Si D pun rupanya belum hafal produk.. gawat!

Saya ingatkan kembali ke dia, harus belajar cepat, action cepat dan berfikir cepat kalau tidak ingin ketinggalan dengan teman2nya.

Lalu saya coba lakukan test untuk dia untuk menyusun baju2 Sik berdasarkan urutan modelnya tanpa harus melihat brosur. Sebelumnya saya suruh menghafalkan ciri2 modelnya dari brosur.

Memang trik2 ini saya pelajari sendiri dimana awalnya saya juga "keblenger" dengan banyaknya model baju SIK +/- 39 model. Walaupun belum memuaskan hasilnya, cukup terlihat usahanya yang sungguh2.

Si D ini lebih lambat progressnya dari teman2 barunya yg lain.

Beres lemari, diplay jilbab dan kaos dipatung saya lakukan hal yang sama dengan di BTM. Degradasi warna sehingga tampak seirama dan "Eye Catching" antara diplay jilbab dengan kaos SIK.

Capek tapi senang! Hari itu omzet di Cibubur kembali normal, tinggal di ingatkan kembali saja kepada karyawan yang lain masalah display, menghadapi pelanggan, trik menjual, product knowledge, dsb, dsb...

Mudah2an besok bisa lancar dan normal kembali, dan tentunya jangan ngambek lagi yah...

Tidak ada komentar: