Minggu, 23 Desember 2007

Persiapan Idul Adha ala TDB

Akhh tiba juga menikmati liburan panjang. Bagi TDB seperti saya dan Ryad, liburan panjang yg diberikan kantor terasa sangat2 berarti, lumayan dari tgl 19 Des lanjut sampai tgl 2 Jan tahun depan.

Setelah merengek minta diajari buat blog, saya jadi rajin inginnya post terus tulisan2, walaupun jujur banget saya termasuk yg tidak bisa nulis.

Idul Adha sudah lewat, sehari sebelumnya saya sempet minta ijin pulang cepet 1/2 hari, maklum mba dirumah belum bisa masak penganan lebaran untungnya boss saya ngasih ijin (makasih ya Bu !).

Dari kantor jam 12.00, rencana mau masak jam 1.00 ke pending sampai jam 3, berhubung saya baru ingat harus mampir ke bengkel dulu, mobil saya sudah waktunya utk di service, pikir punya pikir kapan lagi waktunya ya udah sekalian pulang mampir dulu deh ke bengkel ehhh tahunya lama juga rupanya banyak juga mobil yg antri.

Sampai rumah, si mbak bilang kalau ketupat matangnya kehabisan di pasar. Wah berarti harus masak sendiri nih... he he he mana belum pernah masak ketupat sendiri. Biasanya pesan atau beli matengan di pasar atau malahan dapat kiriman dari mamah atau ibu mertua.

Ya udah deh.. satu2 dimasak dulu, sayur godok jadi, opor jadi, rendang jadi, telor pindang udah dibuat duluan sama si mba tadi pagi karena bumbunya gampang saya percayakan utk buat... Ehh tapi masih ada salahnya nih rupanya direbusnya dikasih kecap manis. Hi hi hi, dipikirnya telor jadi berwarna gelap dari kecap.

Udah jam 5 sore nih, ketupat belum dibuat. Waktu kecil pernah sih bantuin mamah buat ketupat. Beras di cuci, tambahkan sedikit air kapur sirih supaya beras menyatu dan isinya 3/4 dari cangkangnya.

Terus waktu merebus ketupat jangan sampai ada yg tidak tertutup air. Kalau airnya menyusut tinggal tambahin lagi. Rebus selama 2 jam biar ketupat lebih awet.

Itu yg saya sampaikan sama si mba, tak lupa saya contohkan beberapa cangkang yg sudah saya isi. Karena saya harus buru2 mandi untuk jemput karyawan saya ke Bogor, karena besok lebaran toko tutup, karyawan bisa liburan dirumahnya.

Sejak kami buka toko di cikarang, kami harus berbagi tugas dan wilayah. Bogor dan Cibubur menjadi tugas saya untuk operasional. Ryad lebih fokus di cikarang karena faktor kedekatan dengan lokasi kantor. Sedangkan saya lebih karena searah dengan jalan pulang ke rumah.

Habis maghrib berangkatlah saya ke Bogor ditemani si kecil. Saya lirik sebentar ke dapur ketupat sedang di masak, siippp lah.

Sampai Bogor, setelah cek2 pembukuan ternyata ada kekurangan 58rb kebetulan yg menjaga saat itu karyawan saya yg baru saja masuk seminggu. Setelah teman yg satunya datang dari kostan kebetulan dia libur hari itu, dia bilang sampai per kemarin uang dan catatan masih cocok. Dugaanya hari inilah terjadi selisihnya. Karena mereka sepupuan saya percaya penjelasan karyawan saya tsb.

Akhirnya mereka patungan utk menutupi kekurangan tsb. Saya kasihan juga, tapi sudah ketentuan aturan di toko kami, jika ada kekurangan mereka harus menutupi kekurangan tsb. Karena mereka berdua sepupuan, saya yakin tidak ada yg mencurangi satu sama lain. Hanya faktor ketidak telitian dari yg baru saja.

Sampai dirumah jam 21.00, ketupat sudah matang tinggal waktunya mencicipi cihuyyy.. saya baru ingat sepagi sampai siang perut saya belum diisi makanan hanya minuman saja.

Alhamdullillah nikmatnya ketupat buatan sendiri yg pertama he he he, walaupun ada beberapa yg gagal tidak padat buyar seperti nasi masih tetap nikmat. Mungkin waktu mengisi cangkang tidak penuh 3/4, kegagalan adalah proses belajar tahun depan lebih makyoss .. he he he bisaaa ajaaaa

Tidak ada komentar: