Kamis, 06 Maret 2008

GROWTH GRWOTH GROWTH !

Kalau ngomongin pertumbuhan jumlah member/ sub agen "Ruzika Moslem Outlet" dan jaringannya, tahun ini Two Thumbs UP untuk wilayah Bogor aplause plok plok plok !

Flash back 1.5 tahun ke belakang dikala pertama kali kita buka di Plaza Cibubur, sontak terkaget kaget dengan meningkatnya customer yang berniat bergabung menjadi member di area kita. Penyebabnya apalagi kalau bukan Jilbab Rabbani yang kita jual memang sudah punya brand awareness dan loyal customer yang cukup tinggi.

Bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin mencoba membuka toko untuk menghadirkan brand yang sudah di kenal. Biasanya menjual brand yang sudah dikenal orang banyak akan lebih mudah untuk di pasarkan.

Sekitar bulan Desember 2006 saya bergabung menjadi Agen SIK Clothing untuk wilayah Bogor meliputi Kotamadya dan Kabupaten. Sebetulnya brand ini pernah saya lihat di salah satu toko di wilayah Bekasi Timur, seperti biasanya saya menggunakan feeling saya dan saya langsung yakin kalau produk ini bagus dan akan cepat booming.

Mulailah saya searching mencari produsennya dimana, siapa kontak personnya? dsb. Dapat, kalau tidak salah hari Senin pagi sekitar jam 7.30 begitu sampai di parkiran kantor, saya kontak ke no.tsb. Alhamdulillah ada yang menjawab, bicara2 untuk wilayah Bekasi sudah penuh yang tersisa di jabodetabek tinggal wilayah Bogor !

"OK saya DEAL daftar untuk wilayah Bogor, dan akan belanja Sabtu depan!", jawab saya. Sambil mikir juga target sebulan 300 potong baju kaos dibayar CASH, bisa enggak yah ? Ke-dua, belum punya lokasi di Bogor ?

Habis telephone, saya contact Ryad bla bla bla...."Kamu yakin ?" tanya Ryad, "feeling saya produk ini bagus, harganya masuk pasti akan berkembang pesat", jawab saya. "Ya, sudah kalau kamu yakin, sabtu kita belanja kesana".

Hari pertama produk baru saja sampai di toko, pembeli belum ada yang tahu dan mengenal. Respon masih biasa2 saja. Terlihat bedanya produk yang belum punya awaraness terhadap customer (kebetulan SIK sendiri baru 1 tahun di perkenalkan dengan design variasi bordir, tahun2 sebelumnya hanya dengan sablon).

Disinilah peran kita sebagai penjual yang harus mengenalkan kelebihan2 produk kita dan membangun brand awareness serta loyal customer di wilayah kita sendiri.

Produknya sendiri menurut saya sangat2 inovatif, bagaimana bisa sebuah tampilan berbahan dasar kaos murni bisa tampil seperti blus katun dengan aplikasi2 yang sangat cantik dan modis. SIK Clothing hadir dengan potongan yang tidak ketat, tidak tipis dan tidak di design seperti kaos muslim yang konvensional.

Karena kita belum punya lokasi di Bogor, awalnya kaos sik kita jual di Cibubur dan Cilengsi (digarasi rumah ibu saya). Yang lebih dulu kerasa penjualannya di rumah ibu saya, pembelinya teman2 pengajian ibu saya, dari sana berkembang ke sekitar komplek dan pengajian2 yang lain. Ibu saya juga menginformasikan bahwa produk tsb bisa juga di dapatkan di Plaza Cibubur.

Cibubur mulai atur strategy bagikan brosur di lantai dasar dengan brosur SIK yang full colour lengkap dengan modelnya, plus pasang iklan di media lokal cibubur.

Mulai terasa mendatangkan lead2 baru. Hasilnya dari minggu ke minggu member2 baru dan member2 lama mulai mencoba menjual SIK bermodalkan brosur dan baju SIK yang mereka pakai sebagai promosi ke saudara, teman, dan tetangga.
Permintaan seragam pun bermunculan dari group2 ibu2 pegajian cibubur area. Alhamdulillah.

Sukses Respon Cibubur, Bogor harus segera BUKA OUTLET !

Survey, Survey, dan Survey tempat, posisi kios, pengunjung, harga, pilihan jatuh ke Bogor Trade Mall. January 2007 Buka !

Shock ! Shock ! Shock ! Respon pasar beda jauh dengan cibubur ! Yang masuk toko dan lihat2 ada, mall penuh pengunjung tapi yang beli ??? Bisa di hitung jari ! Dan itu berlangsung sampai 3-4 bulan kedepan. BERAT !!

Strategy yang sama coba di jalankan. Saya alami sendiri berdiri dari pagi sampai malam (ganti2an sama karyawan saya) bagi2 kan brosur langsung di dua pintu masuk utama Mall BTM.

Ada yang mau ambil brosurnya, ada yang cuek aja, ada yang nolak dan ngerasa keganggu ! Campur aduk perasaan hati saya, kesel, kecewa dan pasti lah capek banget berdiri. Terfikir juga masak sih orang dikasih brosur gratis aja enggak mau ? Wong tinggal ambil aja apa susahya ?

Tapi.... sesungguhnya, saya juga melakukan hal yang sama kalau di mall ada yang nyodorin brosur ke kita, jarang saya ambil yang terfikir ribet bawa2 kertasnya paling2 kalau ada tong sampah berakhir disana !

Kapok deh sekarang ngerasain sendiri enggak enaknya di tolak! Sekarang kalau ada yang nawarin brosur diambil mall ambil aja ya teman2, tindakan itu udah buat hati orang yang ngebagiin brosur seneng kok dari sekian orang yang nolak ! Buat hati orang seneng udah dapat pahala kan.

Selesai bagiin brosur, dievaluasi berapa banyak yang mampir ke toko, berapa banyak yang beli ? Hasilnya masih jauh2 dari memuaskan ! Optimis, itu semua adalah leads2 yang kita bangun, belum saat ini tapi pasti suatu hari nanti akan balik paling tidak sudah tahu keberadaan kami di BTM !

Strategy di Bogor kita lakukan lebih lama dari di cibubur, kalau tidak salah sampai 2bulan dan tiap minggu kita bagi2 brosur seperti itu. Sampai suatu hari karyawan saya bilang, "Bu, brosur kita banyak banget numpuk di tong2 sampah !" Upsss It's time to STOP !

Waktu berjalan...pelan tapi pasti, Bogor mulai ada pergerakan semakin dikenal baik melalui advertising dari pihak pabrikan, dari member ke calon pembeli, informasi on-line, dsb.

Hasilnya ?? Surprise ! Di mulai awal tahun 2008, member meningkat cepat dan terus meningkat dari bulan ke bulannya! Bahkan saat ini member2 loyal justru lebih banyak di Bogor, butuh waktu setahun untuk menumbuhkan leads di BTM.

Semakin cepat pertumbuhan di Bogor dengan bergabungnya kami menjadi AGEN UTAMA jilbab SWARNA yang memberikan pilihan lebih beragam, model beragam, kualitas beragam dengan harga beragam.

Menurut pengamatan saya, saat ini member merasakan sebagai tempat one stop shopping muslim fashion di toko kami. Karena kami menyediakan pilihan beragam brand2 yang mereka bisa beli bahkan jual kembali. Jadi buat apa pergi ke tempat lain kalau di Ruzika Moslem Outlet dan jaringanya sudah ada semua yang mereka butuhkan.

Memang karaketeristik suatu area juga menjadi penentu pertumbuhan growth ini. Cibubur dengan dikelilingi area perumahan yang padat juga termasuk wilayah Bekasi yang merupakan kota industri, berbeda dengan Bogor yang lokasinya agak jauh dari area perumahan dan kota administratif. Tapi bagaimana dengan Cikarang ?

Sentra Grosir Cikarang, lokasinya sendiri sebetulnya bekas terminal utama Cikarang. Pusat dari lalu lintas transportasi dan termasuk kota industri dengan satu2nya mall Grosir terbesar di Cikarang.

Saat ini kami masih berfikir keras, strategy apa yang harus kita jalankan untuk mendongkrak LEADS "Rumah Kerudung Lamara (Jibab Zoya)" yang sudah +/- 2 bulan hadir di Sentra Grosir Cikarang ? Kami yakin tidak akan membutuhkan waktu seperti pertumbuhan di Bogor, optimis lebih cepat. Ini menjadi PR besar buat kami.

Sama seperti feeling saya sebelumnya Jilbab Zoya dari Rumah Kerudung Lamara sudah teridentifikasi akan booming dan malah sudah booming di beberapa area tertentu.

Produk yang sangat2 innovatif yang bisa menghadirkan model2 baru setiap bulannya. dengan jaminan kualitas bahan lycra import yang belum dipunyai oleh brand2 lain yang ada di pasaran saat ini.

Salam Funtastic !!!

Tidak ada komentar: