Jumat, 04 September 2009

Serba Serbi Di Bulan Agustus

Assalammu'alaikum,

Bulan Agustus sudah berlalu, bulan September yg merupakan Puncak dari bulannya para pedagang khususnya pedagang busana muslim.

Alhamdulillah pencapaian target "Warming Up" yg saya berikan kepada toko2 offline Ruzika secara global mendapat hasil yg lumayan baik. Dari ke-5 outlet, 2 outlet mencapai target di atas 100%. Sisanya ada di angka 65 - 82%.

Bulan ini, target kembali saya naikkan, walaupun saya menyadari hal tsb tidak realistis. Stok semakin menipis sedangkan supply dari produsen belum bisa di pastikan tgl kedatangannya.

Saya coba terapkan situasi "War" dimana dengan sedikit keterbatasan, bisanya kita berfikir/ mencari jalan di luar kemampuan kita. Ibaratnya dalam kondisi terdesak, apapun bisa jadi senjata kita untuk menang. Secara psikologi manusia dalam keadaan terjepit mampu membuat terobosan2 yg kalau difikir kembali diluar kemampuan kita.

Saya coba tantang kemampuan karyawan2 saya di saat kondisi barang2 "primadona" menipis stoknya untuk memaximalkan menawarkan produk2 yg lainnya.

2 Team karyawan saya di 2 outlet yg berbeda yg pencapaiannya melebihi target, mereka sendiri tidak percaya bahwa mereka mampu mencapai dan bahkan melebihinya. Angka tersebut memang tidak pernah mereka capai sebelumnya. Tapi dari kharakteristik mereka saya tahu, mereka pasti bisa. Karena mereka punya naluri bersaing dan menyukai tantangan.

Dan mereka merasa reward yg kita berikan suatu kepuasan dan kebanggan mereka tersendiri akan kemampuan mereka dibanding teman2nya. Salah satu bentuk ekpresi mereka yg saya tangkap ketika saya bilang Team mereka no.1, ada yg mengepalkan tangan sambil berucap "YES ".

Stok menipis utk produk primadona memang di luar dugaan. Sebelumnya kondisi stok masih aman2 saja sampai kami kedatangan seorang tamu yg langsung memesan dalam jumlah yang sangat besar utk produk tersebut. Pembayarannya sendiri langsung cash dikeluarkan uang dari kopernya.


Kardus dimana - mana di dalam rumah, dan masih barang2 pesanan yg belum ter packing


Di sisi rumah juga jadi arena menaruh kardus, karena di ruang tamu sudah tidak muat


Di luar rumahpun boleh lah.. apa boleh buat sudah tidak muat


Kami terpaksa harus menyewa mobil box untuk mengantarkan pesanan si Bapak, untungnya saya masih simpan kartu2 nama forwading yg saya gunakan dulu waktu masih jd TDB. Tahun depan bisa enggak yah nyewa container 20 ft ? Insya Allah amien.


Selain berita2 gembira yg kami alami, kami juga mengalami peristiwa yg kurang mengenakan. Tapi Syukur Alhamdulillah, Allah masih melindungi kami.

Awalnya saya mendapat telp dari seorang wanita yg mengatas namakan suatu perusahaan yg ingin mengorder mukena dalam jumlah 50 kodi = 1000 pcs sebagai hadiah THR untuk karyawanya. Kalau dirupiahkan nilai gross ordernya diatas 100 juta

Feeling saya langsung berkata, loh bukannya kalau karyawan biasanya dpt THR dalam bentuk uang ( gaji ke-13) ? Alasannya utk karyawan kontrak di lapangan, karena businessnya bergerak di bidang kontraktor. Tapi kok kalau karyawan kontraktor di lapangan bukannya lebih banyak laki2 dibanding perempuan ?

Setelah terjadi beberapa kali komunikasi, akhirnya kami coba mendatangi kantornya sambil membawa beberapa sample. Sampai di kantornya sebuah ruko dan setelah melihat kondisi kantornya dan bertemu dengan si penelpon yg mengaku sebagai staff pembelian.

Keragu- raguan kami semakin jelas. Apalagi setelah metode pembayaran barang di terima 100% di awal dengan pembayaran giro mundur 3 hari ? kami lanjutkan investigasi bertanya ke kiri dan kanan penyewa yg lain. Agak kaget juga kami mendapat informasi kalau kantor tersebut menyewa ruko tersebut belum 1 bulan.

Kiranya kami sudah bisa menyimpulkan sendiri apa yg akan terjadi. Kami lebih baik tidak mengambil order tersebut walaupun kelihatannya sangat "menggiurkan sekali", tetapi juga mengandung RESIKO yg sangat besar.

Ketika kita memutuskan terjun untuk menjadi seorang PENGUSAHA, pastinya resiko2 tersebut diatas bisa menimpa kita. Orang tua bilang jadi pengusaha bisa untung besar tapi bisa juga buntung besar.

Tetapi semuanya bukan berati tidak bisa di cegah kan ? Di era ini ada banyak informasi saat ini yg bisa kita akses dengan mudah. Ada banyak cerita2 sukses ataupun gagal yg bisa kita dapat dan pelajari. Semuanya berbalik kembali kepada diri kita masing2. Jangan pernah berhenti untuk BELAJAR, BERUSAHA dan BANGKIT.

Salam,

Tidak ada komentar: