Sabtu, 11 Oktober 2008

Evaluasi Pasca Lebaran 2008

Assalamu'alaikum,
Mudah2an belum terlambat mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, mohon maaf lahir dan bathin untuk para pembaca setia blog saya.

Seperti tahun2 sebelumnya pasca panen raya kami membahas dan mengevaluasi apa2 saja pencapaian yang sudah kita raih, dimana kekurangan dan kelebihannya serta membandingkan dengan pencapaian di tahun2 sebelumnya.

Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik walaupun masih terdapat kekurangan dan ketidak siapan di berbagai hal.

Secara volume pencapaian di salah satu toko offline lebih menurun di tahun sebelumnya, tetapi secara profit lebih besar. Hal tersebut menggambarkan lebih banyak penjualan retail dibanding agen. Dimana pada bulan lalu H-7 sudah terjadi peningkatan dan grafik terus meningkat sampai di puncaknya di H-1.Di tahun ini puncak sales tertinggi ada di H-3 dimana hari-hari sebelumnya memang terjadi peningkatan tetapi volumenya tidak sebesar tahun sebelumnya.

Mungkin juga dipengaruhi faktor jumlah pemudik yang meningkat di tahun ini dibanding di tahun lalu atau dampak krisis kenaikann BBM.

Transaksi agen aktif dan baru terjadi peningkatan di Ruzika Bogor, sejalan betambahnya produk baru keagenan saya di area tsb. Suatu hari stok mukena dan baju anak yang saya bawa langsung ludes di hari yg sama. Sebetulnya stok mukena dan baju anak ini brand baru yang saya siapkan sengaja untuk di toko offline saya.

Senang tapi cemas juga karena butuh waktu lagi utk memesan kembali ke produsen yg kondisinya belum tentu bisa memenuhi dgn cepat.

Outlet mungil saya "Ruzika" di cikarang pun, mulai dikenal keberadaanya sejalan banyaknya pengunjung ke mall tsb. Ada member2 baru baik yang datang dan tahu melalui blog atau tidak sengaja karena sedang mencari kebutuhan lebaran di sana.

Rumah Kerudung Lamara sendiri hampir tidak kelihatan karena penuhnya pembeli yang mengerumuni untuk mencoba dan membeli jilbab. (sayang kami lupa membawa tustel untuk mengabadikan hal tsb).

Yang luar biasa terjadi di order on-line. Dari awal ramadhan order terus bergulir dan bergerak naik sama persis seperti tahuh lalu persediaan stok sudah terserap dan menipis untuk memenuhi order on-line ini hanya dalam beberapa hari saja, yang sebetulnya stok tsb kami siapkan untuk memenuhi toko offline di 3 lokasi. Dimana utk melakukan re-order kembali, pabrik tidak bisa cepat memenuhi order tsb. Apalagi periode H-14 ke H-7 sudah tidak banyak pilihan model, warna dan ukuran yang bisa kami pesan.

Untuk barang kulakan, ternyata di H-7 barang tersebut sudah tidak kami temukan lagi produk yg sama dengan yg pertama kami lihat di toko yang sama.

Kami sebetulnya males pergi ke tanah abang di awal maupun dlm bulan ramadhan. Selain penuh sesak sudah tidak leluasa lagi utk menawar dan memilih. Tapi tuntutan pesanan dan kondisi stok yg sudah menipis, hal tsb harus kami lalui dengan senang hati he he he.

Padatnya jadwal pengiriman dari pihak pos atau ekpedisi menyebabkan beberapa kiriman barang dari produsen ke kami tidak bisa tepat waktu.

Bahkan ada satu kiriman dari produsen yang menurut produsen sudah dikirim ke kami sampai hari ini belum kami terima. (terhadap masalah ini kami sudah selesaikan dgn pihak produsen).

Produsen yg berjanji akan mengembalikan uang kami atas order yg tidak sampai tersebut. Ada juga yang disebabkan pihak produsen tidak bisa memenuhi order kami sampai batas akhir sebelum lebaran.

Alhamdulillah kami banyak menerima para agen2 baru dari seluruh pulau di Indonesia. Rata2 mengorder produk dalam jumlah besar dan beragam untuk mengisi toko mereka yang akan di buka menjelang Ramadhan. Informasi mereka dapatkan dari mengakses blog kami ini.

Terimakasih atas kepercayaan Bapak dan Ibu sebagai mitra kami, kami harap kerjasama ini akan terus berlanjut dan lebih besar dan baik di tahun2 mendatang, amien.

Kami sendiri masih punya kendala untuk pengiriman ke wilayah Indonesia Timur yang cukup jauh dengan waktu yang cepat tetapi ongkos relatif murah.

Saat ini ada beberapa ekpedisi yg bertarif murah utk pengiriman ke wil. tsb, tetapi jaraknya dari rumah kami di cibubur ke tempat ekspedisi tsb cukup jauh dan rata2 ekpedisi tsb berkenan untuk ambil paket ke cibubur dengan minimum pengiriman yg cukup besar. Diluar itu kami harus hantar sendiri ke tempat mereka.

Order On-Line baru berhenti karena memang kantor ekpedisi ataupun pos sudah tutup. Sebetulnya masih ada yg minta dikirim walaupun harus via ONS.

Di H-1 seiring dengan bergemanya takbir, kami sekeluarga ada di 3 lokasi yang terpisah. Saya standby di Bogor, Ryad di Cikarang dan si cantik Nadya mewakili kami di Cibubur. Semakin malam ternyata pengunjung mall semakin membludak sebagian menghabiskan takbiran di Mall, sebagian masih mencari cari kekurangan untuk perlengkapan lebaran besok.

Secara total pencapaian sales meningkat dari tahun sebelumnya (karena kami juga ada tambahan 2 toko baru). Tentunya masih banyak PR2 lagi yang pada kenyataannya masalah yang sama di tahun yg lalu belum sepenuhnya bisa kami selesaikan dengan baik.

Kali ini kami harus bekerja lebih keras lagi untuk merapihkan dari berbagai segi baik administrasi maupun SDM. Terlebh lagi kami harus konsentrasi untuk pembukaan toko kami yang ke-5 yang Insya Allah bisa kami wujudkan paling telat awal tahun depan, Insya Allah mohon doanya bisa berjalan dengan lancar, amien.

Tetap semangat dan tetap SUKSES !
Wassalam

Tidak ada komentar: