Jumat, 16 Mei 2008

Absen Nulis Di Blog Sebulan Serasa Punya Hutang !

Akhirnya bisa juga nulis buat blog, bener kata mba Doris udah lamaaa banget nih blog belum di update lebih dari sebulan.
Mulai dari mana yah he he he yang jelas udah sebulan ini penyakitku belum sembuh2 juga, anehnya sembuh penyakit satu yg lain muncul mungkin karena istirahatnya tidak bisa 100%.

Minum obat hayooo kerjaan wara wiri jalan terus, dan satu penyakit baru sering telat2makan. Kalau dari pagi udah asyik balesin sms bisa lanjut ke siang.. enggak kerasa udah lewat makan siang baru inget.

1. Karyawan mengundurkan diri 3 orang sekaligus.

Pertama-tama yang buat stress 3 karyawan di Cikarang (ya memang hanya 3 orang yang jaga disana) serentak semuanya minta keluar mendadak !!

Dimulai dari 2 orang karyawan kami yg tiba2 telp bilang mau keluar. Rada curiga ada apa nih ! Sabtunya kita kesana nemuin mereka sekedar tanya2 kok mau keluar berjamaah begitu he he he.

Selidik punya selidik ternyata ber-2 konflik dengan yg satunya sebut saja si R. R ini memang sudah cukup lama bekerja dengan kita sebelumnya ditempatkan cibubur roliingan ke Bogor, dan sudah kita anggap dapat mewakili kita di Cikarang.

Menurut penuturan mereka berdua, R sering tidak melaksanakan tugas semestinya. Komplain juga pernah kami terima dari tenant kiri dan bawah mengenai R ini. Setelah cross cek kami memutuskan untuk sementara R kita relokasi kembali ke Cibubur dan Bogor yang lebih bisa kami monitor setiap harinya.

Akhirnya kami minta ke-2 karyawan kami yang mau mengundurkan diri tsb utk bertahan dulu, yang satu mau bertahan tapi yang satunya tetap ingin keluar.

Besok paginya, giliran R yang mengajukan diri utk keluar. Walah.. tapi sudahlah kami fikir juga mungkin ini yang terbaik buat dia.

Pusing2 cari penggantinya, akhirnya saya dapat 2 orang kakak+adik dari seorang petugas wartel dekat rumah. Lulusan SMA belum pernah bekerja, setelah wawancara dan kasih gambaran di cikarang, setuju. Besok paginya saya antar ke Cikarang.

Siangnya saya tinggal, malamnya saya dibuat kaget terima telp. dari Ryad kalau ke-2 kakak beradik itu mau pulang aja malam itu, karena enggak sreg dengan tempat kerjanya.

Waduhh .. udah saya cape2 interview, nganterin ..apa boleh buat, sempet dongkol banget apa hanya ingin numpang jalan2 aja kali yah ke Cikarang he he he.

Akhirnya kita putuskan pasang iklan aja di toko, cari karyawan bertempat tinggal di sekitar mall tsb. Alhamdulillah sekarang semua sudah berjalan normal kembali, dengan team baru di Cikarang diharapkan bisa menggenjot kembali sales menjadi lebih baik.


2. Membanjirnya Order On Line - Alhamdulillah

Seminggu pertama saya masih bisa berkeliling ke toko2 saya, minggu ke-2 dan seterusnya situasi memaksa saya untuk bertahan dirumah mengerjakan pesanan via sms dan email. Alhamdulillah ada saja tiap hari yang harus saya siapkan untuk pengiriman luar Pulau.

Rekornya pernah dalam satu hari saya mendapat order lebih dari 25jt, Subhannallah !

Dapat order lumayan banyak senang, tapi dibalik itu semuanya saya kerjakan sendiri dari mulai taking order, collect product, preparing invoice, packing (yang ini dibantu boss), check account, sampai pengiriman, dan konfirmasi no.pengiriman setelah barang di berangkatkan kepada si pengorder.

Yang paling membutuhkan waktu adalah mereply sms yang masuk, memfollow up dan meregister order2 produk apa saja, berapa nilainya untuk melakukan cross check terhadap account yang sudah masuk ke bank. Terkadang pembayaran dilakukan 2 atau 3 hari setelah konfirmed order, membutuhkan catatan yang rapih dan teliti utk meregister hal2 tsb.
Belum lagi nama2 pengorder yang sama ada misalkan ibu Lia dari palembang dan Balikpapan. Yang sudah transfer ibu Lia dari mana ordernya apa ?
Pernah suatu hari saya juga salah sms menginformasikan no.resi pengiriman ke salah seorang yang ternyata punya nama yang sama, padahal si Ibu belum melakukan pembayaran. Untungnya hanya salah kirm sms saja.

Biasanya setiap akan di lakukan pengiriman memang saya selalu memastikan dana sudah masuk ke account saya terlebih dahulu, tetapi kadang kesulitannya si pengorder pada saat transfer tidak menyebutkan kembali dari siapa atau menggunakan nama account suami/ temannya yang tentu saja saya tidak kenal.

Ini memang cukup membuat saya tambah repot, solusinya selalu kirim kembali sms untuk memastikan hal tsb.

Terlintas untuk mencari assistant khusus order on-line ini dimana bekerja dirumah membantu saya, tapi berapa besar gajinya dan bagaimana dikala order tidak sedang ramai apa yang harus dikerjakan ?

Hal ini masih saya godok dulu sebera besar keperluan mendesaknya mengingat effiesiensi dan cost yang menjadi pertimbangannya.

Sementara ini Jika sedang ramai, biasanya saya panggil salah satu karyawan di toko (jika hari itu jaga berdua) untuk kerumah membantu saya. Tak luput juga si mbak dirumah yang setia membantu saya, tentu saja tak lupa tiap bulan kami memberikan bonus tambahan diluar gajinya yang cukup melelahkan membantu saya selama ini.

3. Bulan Pernikahan

Bulan Mei adalah bulan pernikahan untuk keluarga besar saya dan Ryad. Yang pertama dari sepupu saya mojang Bandung ini calon Dokter Gigi lulusan Unpad ketemu dengan teman almamaternya beda fakultas yang sedang ambil S2.

Kok kita sama yan Neng he he he sama2 dapat brondong (maksudnya usianya lebih muda), sama2 anak bungsu ketemu anak pertama, dan sama2 punya mertua dari angkatan ?

Hayoo Eneng ngikutin Teteh yah .. he he he grrr aja.


Yang ke-2 dari sepupunya Ryad.. Selamat ya Mas Agus dan Istri, semoga menjadi keluarga sakinah.

Tidak ada komentar: