Senin, 13 Februari 2012

Mentor Pribadi Anda "Cerita akhir tahun 2011"


Memasuki pergantian tahun 2011 - 2012, masukilah rumah anda yg baru dengan penuh optimis dan impian yg besar. Tetapi jangan turut anda bawa serta 2 kantong plastik besar berisi sampah2 yg busuk yg akan membaui seluruh isi rumah anda yg baru. Kita baca ceritanya yuk !   

Merry Riana: "Tidak bisa ada sinergi jika anda sendirian. Sedikitnya ada dua orang. Hampir semua orang yg sukses memiliki mentor/ pembimbing. Mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan seorang mentor.
Pelajarilah seseorang yg hebat, dan anda akan menemukan bahwa mereka belajar dari seorang mentor atau beberapa mentor. Jadi, jika anda ingin mencapai sukses yg besar, masyhur dan luar biasa. Anda harus belajar dari seorang mentor. Belajar berpikir seperti bagaimana mereka berpikir utk mencapai hasil yg mereka dapatkan.

Saya kenal bunda Maya di bulan April, 2011. Lagi2 via online dunia maya, yg belum pernah bertemu muka ataupun kenal sebelumnya.


Dari beberapa kali chatting dan membombardir pertanyaan2 seputar peluang bisnis di oriflame, sampai pada diskusi yg sangat menarik. Dari awal sampai diskusi yg terakhir ini, saya sudah menangkap keluar biasaan pribadi dari bunda Maya sebagai calon pemenang di team saya selanjutnya.

Maya : Baiklah bu, dari beberapa kali diskusi kelihatannya saya sudah cukup jelas tentang bisnis yg ibu jalankan, tetapi di tempat saya dan teman2 dekat saya sudah masuk menjadi member oriflame. Dan bahkan cukup aktif karena hampir setiap minggu mereka mengadakan Beauty Demo di komplek perumahan saya. 

Saya : Tidak menjadi masalah mba Maya, kalau kita lihat di pasar toko2 yg berjualan jilbab pun terkadang samping2an dengan menjual jilbab merek maupun model yg sama. Tetapi tetap saja pembeli ada yg datang ke toko2 tsb. Tinggal kita bersaing dengan sehat, apa yg hrs kita tonjolkan dari keunikan kita. Apakah pelayanan yg lebih ramah dan lebih baik, seperti itu contohnya.

Maya : Tetapi bu, yg sudah jadi member sudah banyak sekali di perumahan saya.
Saya : Justru itu semakin membuktikan bahwa bisnis ini berkembang pesat, banyak yg sudah merasakan hasil dari menjalankan bisnis ini. Jika bisnis ini tidak menguntungkan, tentunya tidak ada yg mau menjalankannya.

Maya : Baiklah bu, tetapi jika saya bergabung pun, saya kemungkinan akan bergabung dengan grupnya teman saya itu. Karena ditempat saya semuanya masuk dalam grup tsb, jadi aneh kalau hanya saya sendiri yg bergabung di grup ibu.
Saya : Tidak masalah mba, bisnis ini adalah pilihan bagi pelakunya. Saya sudah jelaskan sistematika menjalankan bisnis ini, keputusan mutlak ada di tangan mba Maya.

Maya : Tapi bu, sebelum saya bergabung dengan teman saya, boleh saya tanya satu pertanyaan lagi. Apa kelebihan yg saya dapat jika saya bergabung dengan grup ibu ?
Saya : Boleh tahu mba ? Teman mba Maya yg ajak bergabung sudah join jadi member berapa lama ? dan sudah di level berapa? Dan sudah dapat bonus berapa ?

Maya : Sepertinya sudah lama tapi sepertinya belum besar.
Saya : Baik dalam menjalankan bisnis kita perlu mendapat bimbingan dari seorang mentor, supaya langkah2 kita tepat sasaran utk mencapai apa yg kita impikan. Dan seorang mentor biasanya sudah berpengalaman krn sudah pernah melewati jalan tsb, sehingga dia sudah bisa memberitahu kita jalannya lewat sini, arahnya ke sini, lakukakan ini dan itu. Saya mencapai posisi Senior Manager dlm tempo 7 bulan sejak saya bergabung di bulan Mei 2010.

Jika mba Maya diberikan 2 pilihan, mau di bimbing oleh guru yg mana? Apakah guru yg sudah lama menjalankan bisnisnya tetapi blm kelihatan prestasinya atau guru yg sudah  berpengalaman dan sudah kelihatan prestasi yg nyata dlm menjalankan bisnis ini ?

Maya : Tentunya yg kedua bu. Baiklah klw begitu saya bergabung dgn ibu saja.

Saya : Alhamdulillah, tetapi ada satu hal yg harus diingat. Seberapa pintar dan dashyatnya seorang mentor, jika anak didik yg dilatihnya tidak mempunyai kesamaan Visi dan Misi yg kuat, attitude yg positif dan impian yg kuat, maka hasilnya pun akan sama saja NOL besar. Krn banyak juga di jaringan saya yg di awal bergabung semangat membara 45, tetapi harus mental krn attitude yg tidak kuat. 

Banyak juga yg mencoba peruntungan kembali utk join di grup saya setelah bbrp tahun tidak aktif dan merasa tidak mendapat support dari leadernya dan ingin bergabung di grup saya, tetapi lagi2 attitudelah yg mengganjal mereka.

Kalau kata seorang motivator " jika kita pindah ke rumah yg baru, tetapi kita membawa 2 kantong plastik besar yg berisi sampah yg sangat busuk, dan kita buka kantong tersebut. Maka dlm sekejap sampah2 tsb akan membaui seisi rumah.
Sampah2 tsb tidak lain adalah sifat malas, pesimis, sinis, mudah putus asa, dll. Dimanapun berada di ligkungan yg baru jika kita masih menyimpan sifat2 tsb, hasilnya akan sama seperti tahun2 lalu".

Bunda Maya yg saya kenal pribadi yg mempunyai komitment sangat kuat dibalik sifat lembutnya. Di awal melakukan BD di rumahnya yg asri di Tambun Bekasi, di saat belum punya 1 orang donlinepun, bunda Maya sudah bisa mengajak teman2nya yg cukup banyak (luar biasa krn di perumahan ini sudah banyak juga yg menjadi member, tetapi tetap saja klw kita mau berusaha masih ada juga yg bisa kita ajak, bukti action nyata yg patut di acungi jempol).

Alhamduillah selesai presentasi dan BD, inilah pasukan cikal bakal di jaringan bunda Maya, beberapa diantaranya sudah menjadi Manager2 yg handal.


Saya percaya bahwa sukses bukanlah utk dinikmati sendiri, tapi untuk dibagikan. Sukses bukanlah sebuah kompetisi. Ada cukup banyak sukses yg bisa dibagikan dan dinikmati bersama. 


Anda harus bekerjasama dgn sebuah tim yg memiliki impian dan tujuan yg sama. Sebuah tim akan memberi anda leverage. Dengan tim, kita dapat mencapai kesuksesan dgn lebih cepat dan lebih mudah. Semua ini adalah mengenai sinergi konsep penjumlahan 1 tambah 1 mendapatkan 11 bukan 2. 
Dengan bekerja sama kita dapat mencapai lebih banya dibandingkan bekerja sendiri sendiri secara terpisah. # Merry Riana

Selamat sudah menjadi Manager 15% bunda Maya, kemenangan utk baby faqih dan suami tercinta, dan perjuangan masih berlanjut.

Go Diamond !
poppygarmila@yahoo.com
0818-884-552

Tidak ada komentar: