Sabtu, 03 Oktober 2009

Memovitasi Diri Sendiri Gimana Caranya ?

Dulu waktu saya masih jadi orang gajian kalau habis liburan panjang terutama liburan lebaran badan baru terasa pegel disana sini setelah liburan usai. Bawaannya maless banget untuk memulai aktifitas rutin seperti biasanya. Ditambah lagi inget kalau besok harus masuk kerja lagi ughhh beteee berat.

Hari pertama masuk biasanya belum banyak kerjaan, lebih banyak waktu diisi bersalam salaman muter dari satu departemen ke departemen lain, sisanya ngobrol2 ngalor ngidul cerita liburan kemana aja he he. Besoknya biasanya udah mulai normal lagi, udah mulai tuh dapat telephone dari cabang sana sini, komplain ini itu, ditambah boss nanyain kerjaan yg kepending sebelum liburan dll. Baru kerasa mendadak kena insomnia sampai dimana yah qi qi qi ? Saya pernah loh ngalamin habis liburan lupa password utk log In :) terpaksa deh panggil orang IT.

Ternyata kerja dirumah hampir sama juga. Dari lebaran hari ke-5 waktu saya masih liburan di Jateng, udah mulai berdatangan sms order online. Langsung aja saya forwardin ke asisstant saya. Selesai liburan hari Senin order online terus berdatangan, alhamdulillah tapi di satu sisi info stok on hand masih blank, karena belum sempat stock opname pasca lebaran.

Kalau mau ngikutin mood sebetulnya malesss banget mau mulai reply2 sms. Masih kena jet leg liburan maunya nanti2 deh tapi prinsip saya dari dulu kemalesan itu harus di "Lawan" dan bagaimanapun "Customer is a King". Cara saya ya dengan "memaksakan diri" mengerjakannya, ambil buku pesanan satu2 ditulis, sms di reply, yg responnya positif di noted, yg enggak respon di delete dari sms list, yg deal langsung di info total yg harus di transfer dan no.rekeningnya.

Lama kelamaan jadi asyik dan mood kemalesan berangsur hilang dengan sendirinya. Apalagi melihat account kita jadi bertambah sangat membantu pencapaian target bulanan, mengingat pasca lebaran toko2 offline hampir dipastikan menurun drastis.

Prinsip saya terjun sekalian aja ke area yg membuat kita males utk memulai karena bagaimanapun area tsb tetap harus kita kerjakan kan ? Lebih cepat beres lebih baik, lebih banyak lagi order datang yg bisa di follow up. Minggu depan aktifitas buat PO ke produsen2 sudah bisa di proses tinggal fax2 aja dan tunggu barang datang. Masih ada beberapa produsen yg belum buka, tetapi PO yg penting sudah siap.

Saya pernah dengar ada suatu nasehat, kalau lagi mood enggak bagus untuk memulai suatu pekerjaan justru harus dimulai dari yg sulit/ tidak kita sukai dahulu, barus sisanya yg mudah/ kita sukai. Tetapi untuk memulainya itu mungkin harus punya "nawaitu" yg keras banget, ibaratnya tutup telinga kiri dan kanan, pandangan lurus ke depan dan terjun langsung he he he .

Tidak ada komentar: