Senin, 18 Mei 2009

Innovasi dan Terus Berkreasi untuk bertahan !

Membaca beberapa merek majalah muslin dan tabloid wanita sudah merupakan suatu keharusan bagi saya untuk mengetahui perkembangan trend busana muslim yg sedang berkembang saat ini. Dari sanalah semua informasi bisa kita analisa. Kita bisa tahu siapa market leadernya untuk jilbab kategori A, B dan C. Siapa followernya begitu juga untuk busana muslim dewasa, anak, asesories dan bahkan yg tidak berkaitan dgn garment tapi produk2 lain yang masih ada kaitannya dengan urusan mempercantik penampilan wanita muslimah.

Sebulan yg lalu di majalah banyak sekali hadir brand2 baru kaos2 muslimah yg semua designnya unik dan cantik2. Saya sampai bingung mau coba beli sample yg mana dulu :). Kalau pakai istilah yg saya baca di bukunya Amelia Masniari "Mis Jinjing belanja sampai mati", panik maunya beli semua sample merek produk. Akhirnya saya hanya putuskan 2 brand saja dan karena harganya cukup mahal (> 150rb), saya tidak ambil keagenan tapi untuk melengkapi pilihan model saja di toko kita, segmennya retail customer.

Sebetulnya gejala trend ke kaos bertangan panjang dan longgar ini sudah agak lama. Jika anda sempat jalan2 ke Psr Tanah Abang/ Psr Tasik beberapa bulan yg lalu, hampir semua toko2 busana memajang kaos2 model ini. Longgar, tangan panjang berbahan kaos yg jatuh dan halus. Sebetulnya saya fikir targetnya bukan hanya wanita muslimah yg berkerudung, karena kaos tsb ada yg satu stell dengan jilbabnya ada juga tidak, dan pembelinya juga bukan hanya dari kalangan wanita muslimah.

Mungkin juga dampak dari penanyangan sinetron2, trend berbusana muslimah ini semakin terangkat. Saya sendiri tidak suka sinetron hampir dikata tidak pernah nonton, tp khusus model2 jilbab atua kaos yg keluar di sinetron saya biasanya dpt info dari member saya, dari karyawan saya atau dari pedagang dan dari tabloid/ majalah yg saya baca.

Sebagai distributor, tentunya kita senang dengan hadirnya banyak model2 baru, pelanggan kita lebih banyak pilihan. Tetapi disatu sisi modal yg kita keluarkan untuk melengkapi koleksi tersebut menjadi lebih besar. Utk satu produsen jika mengeluarkan 50 model, 1 model ada 3 warna dan 3 ukuran. Jika order per model/ per warna/ per size 1 pcs saja minimum +/- 450 pcs utk stok 1 toko utk 5 toko = 2,250 pcs X harga rata2 55,000 = Rp xxx rupiah / gross.

Disini peranan forecasting dan seleksi model2 yg fast moving sangat menentukan cash flow kita. Jika ada member yg tanya saya hanya mau order yg fast moving produk, bisa dijawab stok yg kami punya adalah semua stok yg rata2 fast moving, dimana stok2 tersebut menjadi variable hitungan di dalam kita melakukan order ke pabrik selain info stok aktual pada saat itu.

Para produsen pun tanggap dengan arah pasar tsb, yang tadinya hanya memproduksi jilbab menambah kaos dan gamis. Yg sudah fokus di kaos menambah jumlah variant terbarunya dengan terus berkreasi menampilkan design yg unik dan cantik.

Salah satu produsen jilbab "Always Swarna" menghadirkan kaos2 muslimah terbarunya, langsung menghadirkan 12 model terbaru. Berbahan kaos CVC Two Tone 210 gram dengan kombinasi padu padan warna yg unik dan cantik, serta design minimalis membuat penampilan wanita muslimah terlihat Cantik dan Dinamis.

CVC Two Tone sendiri bahan kaos berkualitas halus, lembut dan tidak gerah. Nyaman di badan dan tidak ketat. Untuk melihat koleksinya bisa kunjungi web kami di : http://jilbab-swarna.blogspot.com/, hanya dengan retail price Rp. 79,500 (utk ukuran S - XL) dan Rp. 99,500 untuk Jumbo Size.



Tidak ada komentar: