Minggu, 10 Agustus 2008

Agen untuk 17 Brand Jilbab dan atau Busana Muslim

Awalnya saya enggak pernah berhitung sudah berapa brand yang saya miliki yang berstatus sebagai Agen untuk Jilbab dan atau Busana Muslim.

Objective saya yang pertama untuk memutuskan menjadi agen berdasarkan karakteristik brand yang akan saya pilih, dari segi design, kualitas produk, segmentasi pasarnya, spesifikasinya dan intuisi berupa keyakinan yang saya miliki bahwa brand tersebut akan menjadi leader/ booming di kelasnya.

Tetapi setelah ada salah seorang pembaca blog saya mengirimkan email ingin memesan semua produk sample dari merek2 yang saya jual. Saya baru Ngeh kalau ternyata saat ini ada 17 merek keagenan yang telah saya tangani.

Dan lebihnya lagi, masing2 brand walaupun dalam kategori produk sejenis tidak saling bersaing tapi justru saling melengkapi.

Sebagai contoh jilbab Brand A berbahan dasar Kaos yang telah lebih dahulu melejit namanya tetap punya kelebihan dan ciri khasnya sendiri dibanding Brand B berbahan dasar yg sama2 kaos tetapi punya design berbeda dgn ciri yang berbeda yaitu design bordirnya.

Walaupun di harga relatif hampir sama tetapi tetap saja jelas masing2 punya ciri khasnya sendiri.

Konsumen pun bisa langsung membedakan perbedaan tsb, oh kalau yang ini design kaosnya polos2 tapi yang ini polos ada tambahan bordirnya. Bahan dasar kaosnya pun jika di raba akan terasa perbedaannya yang satu lebih halus dari yang lain.

Ada lagi jilbab premium dan jilbab minimalis. Masing2 brand punya konsumennya sendiri sendiri2.

Di kategori kaos muslimah saat inipun sudah hadir 3 brand yang cukup menonjol. Sama halnya dengan jilbab masing2 brand mempunyai ciri khas design sendiri2.

Mau yang lebih modis dan berjiwa muda bisa pilih ke brand A, Mau yang flexible bisa ke anak muda dan ke dewasa ada brand B, atau yang khusus dewasa dan ibu2 bisa ambil brand C.

Masing2 punya ciri khas yang melekat di brandnya dan masing2 punya design yang innovatif yang selalu hadir menampilkan koleksi2 terbarunya yang cantik2.

Di tahun awal pembukaan toko Agustus, 2006 saya hanya fokus di 1 merek jilbab, berjalannya waktu dan banyaknya permintaan macam2 perlengkapan muslim lainnya, saya mulai hunting brand2 lain.

Awalnya merambah ke kaos muslim, Abaya, Baju Renang muslimah, Baju Anak muslim, jilbab dan jilbab dst dst. Semuanya benar2 saya seleksi tidak asal ambil keagenan. Saya kenali dulu produknya, test market dan putuskan.

Supaya masing2 brand tidak saling berkompetisi di kelasnya, segmentasi pasar pun saya perhatikan. Kalau jilbab kaos harga X segmennya menegah keatas, maka jilbab berbahan dasar Z segemenya menegah ke bawah. Jika ada jilbab berbahan dasar sama dengan segmentasi yang sama, lihat perbedaan designnya arahnya kemana.

Utk gamis juga sama, ada yg suka modis dengan bahan katun berbordir utk yg lebih dinamis, ada juga pasar yg lebih konvensional dengan bahan2 sifon.

Alhamdulillah koleksi saya saat ini saling melengkapi.

Tidak semua sih saya berstatus Agen Aktif, ada beberapa yg bersifat Agen Lepas. Bahkan akhir2 ini saya sering juga loh dapat orderan produk diluar produk2 yang saya punya. Kalau jumlahnya banyak dan profitnya lumayan gede kenapa enggak he he he.

Dan seperti kata Guru saya Pak Rosihan dan Mba Ines, emang lebih untung kulakan dibanding discount agen. Maksudnya sama2 untung tapi dari kulakan lebih gede untungnya, he he he !

Menjelang panen raya ini, saya sudah siap2 berhitung stok, stok dan lagi2 stok. Tapi ada beberapa produsen yg juga mengalami hambatan di bahan baku alhasil setiap order yang saya ajukan utk mencicil stok tidak bisa dipenuhi 100%, akibatnya barang yang datang boro2 untuk mencicil stok, untuk pemenuhan orderpun saat inipun tidak cukup.

Saya ngerti banget kesulitan para produsen, pastilah mereka juga bingung bagi2 pesanan ke agen2 mereka sementara dengan berbagai kendala yg mereka hadapi.

17 Brand yang saya punya saat ini bisa dilihat di masing2 web dibawah ini, ada beberapa yg belum sempat saya buat webnya

Utk kategori Jilbab :

Utk kategori Kaos Muslimah :
9. Kaos Distro Dakwah

Utk kategori Abaya / Gamis :
11. Gamis Zainab
12. Gamis Kaos + Jilbabnya Farah Fairuz
13. Gamis dan Blus Pilgrim

Utk kategori Baju Anak :

Utk kategori Baju Renang :
15. Sulbi

Utk kategori Baju KOKO dan PECI :
16. Sajidah

Utk kategori Mukena :
Mukena Sajidah
Mukena Anak Zainab
18. Mukena Choirina (Next Ramadhan)

Lumayan banyak, agak repot memang tapi Insya Allah jika dijalankan dengan fokus dan sungguh2 semuanya bisa berjalan dan saling mendukung peningkatan omzet di toko2 kami, amien.

2 komentar:

yennie mengatakan...

Assalamualaikum,
Wah, senengnya jadi ibu Poppy! Bisnisnya lancar euy...! Sebenernya saya juaga seneng jualan2 gitu bu, tapi, kadang2 suami komplain.... Karena modal dan untung gedean modal, he... alias manajemen amburadul! Bu, mau dong jadi agen-agen gitu gimana sih caranya? (Mis. Agen SIK, dll), boleh nggak bu? Makasih sebelumnya bu Poppy.
Sukses terus ya bu...

Poppy Garmila mengatakan...

Wa'alaikumsalam,

Salam kenal juga bu Yennie, he he saya juga pernah alami itu bu duluuu setelah banyak tanya sana dan belajar sini jadi tahu kalau memang ingin serius berbusiness hitungannya harus jelas dan tentunya harus ada profitnya. Silahkan bu utk jadi Agen SIK dll di email saja. Salam